5 Kuliner Olahan Ayam Goreng Khas Ala Jepang

5 Kuliner Olahan Ayam Goreng Khas Ala Jepang

 

 

Combropedes.net – Jepang juga punya sajian ayam goreng enak. Dilapisi tepung roti dan digoreng renyah hingga diberi saus khusus yang menggoyang lidah.

Jika membicarakan ayam goreng khas Jepang, karaage pasti menempati posisi utama. Hidangan ayam goreng di Jepang, sebenarnya terbagi menjadi lima. Berikut ragam jenis olahan ayam goreng, versi Negeri Sakura.

1. Karaage

 

 

Setiap negara memiliki versi ayam goreng, salah satunya Jepang. Hidangan ayam goreng tepung di sini, disebut sebagai ‘Karaage’, dan bisa ditemukan hampir di seluruh restoran atau bar di Jepang.

Biasanya daging ayam bafian paha atas tanpa tulang dipotong-potong kasar. Kemudian, daging ayam dibumbui dengan saus kecap asin, sake, dan irisan jahe serta bawang putih. Selanjutnya dibalut adonan tepung dan digoreng kering.

2. Torikatsu

 

 

Hidangan ayam goreng yang satu ini hampir mirip dengan tonkatsu, yang terbuat dari daging babi. Tapi torikatsu dimasak menggunakan potongan daging dada ayam, lalu dibalut tepung panko atau tepung roti putih yang kasar. Kemudian digoreng hingga warnanya kuning keemasan.

Torikatsu biasanya disajikan dengan Worcestershire saus, dan salad sengiri yang berisi potongan kol. Hidangan ini bisa juga disantap dengan nasi putih hangat, tergantung selera.

3. Toriten

 

 

Jika biasanya tempura di Jepang, diisi dengan udang goreng. Berbeda dengan toriten, hidangan tempura yang terbuat dari ayam goreng. Sajian yang satu ini sering ditemukan di kota Shikoku, yang berada di wilayah barat Jepang.

Populer disantap dengan semangkuk udon panas, dan sering dijual di tempat pemandian air panas (onsen). Selain dengan udon, biasanya orang Jepang gemar menyantap toriten dengan segelas bir dingin.

4. Tebasaki

 

 

Jika Amerika punya Buffalo Wings, kalau Jepang punya Tebasaki. Sajian sayap ayam goreng yang gurih, dan lezat. Tebasaki sangat populer di Nagoya, dengan perpaduan saus pedas, manis pedas, atau saus yang sedikit kental.

Banyak restoran yang menyuguhkan hidangan tebasaki yang juicy dan empuk. Bahkan kebanyakan orang Jepang, memiliki keahlian untuk melahap sayap ayam hingga bersih, dan hanya tersisa tulangnya saja. Selain di restoran, biasanya tebasaki juga dijual di kedai yakitori.

5. Japanese Nori Nuggets

 

 

Meski tidak terlalu populer, seperti jenis olaham ayam goreng yang lainnya. Tapi Japanese nori nuggets, sering disajikan sebagai menu pelengkap untuk bekal anak di Jepang.

Potongan daging ayam yang telah dibaluri dengan tepung krispy, lalu dibalut dengan potongan lembar nori (rumput laut) sebelum digoreng hingga renyah.

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan