5 Tempat Yang Dipercayai Masyarakat Adalah Kekuasaan Nyi Roro Kidul

5 Tempat Yang Dipercayai Masyarakat Adalah Kekuasaan Nyi Roro Kidul

 

 

Combropedes.net – Salah satu kisah legenda yang paling terkenal di Indonesia, adalah kisah Nyi Roro Kidul, ratu yang diyakini memiliki paras cantik yang menjadi penguasa pantai Selatan.

Kisah misteri seputar Nyi Roro Kidul, seperti halnya cerita legenda masyarakat lainnya juga bisa dikatakan tersebar dari mulut ke mulut dari dulu hingga sekarang.

Berbagai mitos terdapat di dalam cerita Nyi Roro Kidul, sang ratu pantai Selatan ini. Salah satunya, ialah tempat-tempat yang mana dikabarkan dan diyakini sebagai lokasi pintu gerbang dari kerajaan megah Nyi Roro Kidul. Di mana saja tempat-tempat tersebut?

Menghimpun dari berbagai sumber, Minggu (26/8/2018) berikut di bawah ini ulasan singkatnya.
Pantai Parangtritis

 

 

Pantai yang terkenal dengan kisah legenda Nyi Roro Kidul. Pantai cantik yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan masuk menjadi salah satu destinasi wisata populer di sana.

Menyebut pantai ini, tidak bisa melewatkan anjuran bahwa ketika mengunjungi pantai ini dilarang untuk mengenakan busana berwarna hijau.

Konon, orang yang nekat tetap memakai baju warna hijau bisa dijadikan sasaran oleh sang ratu untuk ditarik dibawa ke dalam istana untuk dijadikan sebagai salah satu pelayannya. Pantai ini juga diketahui sebagai salah satu titik lokasi ritual persembahan sesajian pada malam 1 Suro.

Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta

 

 

Dikatakan, penduduk di Yogyakarta sendiri masih mempercayai pantai ini punya keterkaitan dengan Nyi Roro Kidul. Pantai yang berlokasi di sebelah barat Pantai Parangtritis ini menjadi salah satu pantai yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar.

Dalam tradisi Jawa, pantai ini dianggap sebagai salah satu gerbang utama atau jalan tol menuju Keraton Gaib Laut Selatan, kerajaan Nyi Roro Kidul yang menguasai Laut Selatan (Samudera Hindia).

Hotel Inna Samudera

 

 

Dibangun oleh Presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno pada 1962, awalnya hotel ini diberi nama Samudera Beach Hotel. Menjadi begitu terkenal di kalangan masyarakat awam, sebab di hotel ini ada kamar khusus yang kabarnya diperuntukkan special untuk Nyi Roro Kidul, yakni kamar bernomor 308.

Di dalam kamar khusus yang begitu ditata dan dirawat ini, disebutkan dilengkapi barang-barang yang amat disukai Nyi Roro Kidul mulai dari baju dengan nuansa warna hijau, kosmetik, kembang tujuh rupa, kemenyan, dupa, parfum, hingga jajanan pasar.

Dikisahkan, kamar ini juga menjadi pintu gerbang untuk masuk ke istana, dengan bermeditasi di dalam kamar disebutkan roh orang yang bermeditasi bisa masuk melayang ke alam gaib menuju kerajaan Nyi Roro Kidul.

Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

 

 

Pantai yang satu paket dengan hotal Inna Samudera. Sebab hotel tersebut memang berada di pantai Pelabuhan Ratu ini. Seperti hotel Inna Samudera yang terkait mitos sang ratu pantai Selatan, pantai dengan pasir putih dan ombak besar ini juga dikatakan erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul.

Pantai Parang Kursi, Banyuwangi

 

 

Terletak di Dusun Ringinagung 56, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur, pantai ini juga disebutkan sebagai salah satu lokasi pintu gerbang kerajaan Nyi Roro Kidul. Di sini, terdapat bebatuan karang yang formasi bentuknya membentuk kursi setinggi sekitar 15-20 meter.

Konon kabarnya kursi tersebut dipercaya sebagai salah satu kursi singgasana dari sang penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan