6 Kebiasaan Yang Bisa Membuatmu Sembelit

6 Kebiasaan Yang Bisa Membuatmu Sembelit

 

 

Combropedes.net – Konstipasi atau biasa dikenal sembelit, merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita oleh manusia.

Seseorang akan menghabiskan banyak waktu di toilet, setiap pagi, namun hasilnya sia-sia karena tinja yang mengeras dan sulit keluar.

Tentu saja ini bisa menjadi sebuah masalah yang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Sembelit sendiri adalah penyakit terkait gaya hidup di mana tinja mengeras di usus dan tidak keluar dari tubuh dengan mudah atau teratur.

Ketika seseorang telah menderita sembelit untuk waktu yang lama, maka hal itu bisa menyebabkan penyakit lain seperti kembung, gastritis, sendawa berlebih, sakit perut, fluktuasi nafsu makan, dan penumpukan kotoran.

Ada banyak penyebab yang bisa membuat Anda sembelit, bahkan beberapa di antaranya justru tidak akan pernah terbayangkan sebelumnya. Melansir dari Boldsky, Selasa (25/9/2018), Combropedes.net akan menjelaskannya satu per satu. Yuk disimak!

1. Terlalu sering duduk

Seseorang yang duduk di tempat yang sama selama berjam-jam, seperti pengemudi, penjahit, dan profesional kantoran, lebih rentan terhadap sembelit.

Hal ini terjadi karena jika seseorang duduk berjam-jam, tingkat metabolisme tubuh menjadi lebih lambat yang pada gilirannya memperlambat gerakan usus, sehingga menyebabkan konstipasi.

2. Konsumsi Susu Yang Berlebih

Ketika seseorang mengonsumsi produk susu seperti keju, susu, paneer, dan lainnya dalam jumlah berlebihan, hal ini juga bisa menyebabkan sembelit.

Produk susu ini dapat merangsang produksi kelebihan gas di perut dan juga mengeraskan tinja di usus, saat mereka menjalani proses fermentasi di lambung selama proses pencernaan.

 

 

3. Stress

Sama seperti depresi kondisi ini menjadi penyebab umum sembelit. Berdasarkan penelitian depresi juga bisa menyebabkan sembelit. Ketika seseorang menderita depresi, kadar serotonin di otak diturunkan.

Hal ini dapat menyebabkan otak kehilangan sinyal pengiriman ke sistem pencernaan dan ekskresi untuk membuang limbah, menyebabkan sembelit.

4. Diet Rendah Karbohidrat

Orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat, seperti diet keto, sering mengalami sembelit, karena tubuh membutuhkan semua nutrisi dalam jumlah yang sama untuk berfungsi dengan baik.

Ketika Anda sedang menjalani diet rendah karbohidrat, tubuh menyerap lebih banyak air dari usus besar yang dapat membuat mengering dan menyebabkan sembelit.

5. Kelebihan Laksatif

Penggunaan Laksatif adalah obat yang diambil untuk melunakkan tinja dan membantu buang air besar dengan mudah. Ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi laksatif, ini dapat menyebabkan ketergantungan dan fungsi usus akhirnya melambat.

Ini menyebabkan tinja mengeras lebih banyak dan bisa menyebabkan konstipasi.

6. Mengonsumsi cokelat setiap hari

Hari Kecuali Anda hanya mengonsumsi sepotong cokelat hitam tanpa gula, maka konstipasi tidak akan terjadi. Makan jenis cokelat lain setiap hari dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk sembelit.

Cokelat memiliki jumlah gula yang tinggi, yang dapat mengeraskan kotoran di usus, ketika dikonsumsi secara teratur, hal ini akan menyebabkan konstipasi dan kembung.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan