6 Macam Kuliner Daging Unta Dari Timur Tengah

6 Macam Kuliner Daging Unta Dari Timur Tengah

Combropedes.net – Unta jadi salah satu ciri khas yang dimiliki Uni Emirat Arab. Hewan berpunuk ini punya banyak peranan di masyarakat, mulai dari alat transportasi, sektor mode atau fashion, hingga sebagai bahan pangan baik susu dan dagingnya.

Tak seperti daging sapi yang lazim jadi konsumsi, kuliner daging unta memang tak terlalu populer. Pasalnya, unta di sana banyak dipelihara atau diternakkan sama halnya seperti keberadaan kelinci di Indonesia. Namun, mereka tetap memiliki olahan makanan dari unta yang tak kalah nikmat untuk dicoba.

1. Camel kofta

Kofta adalah sejenis bola daging atau bakso khas Timur Tengah. Biasanya menggunakan daging sapi, ayam, domba, hingga unta. Salah satu rumah makan yang menyediakan menu kofta unta adalah Local House yang berada di kawasan Al Fahidi Historical Neighborhood. Di sini mereka menyediakan kuliner dengan daging yang tak lazim ditemukan seperti unta, zebra, hingga rusa.

2. Susu unta

Selain daging, unta banyak dimanfaatkan susunya. Susu unta mengandung banyak vitamin dan dipercaya dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Namun, susu unta memiliki aroma khas yang cukup kuat, sehingga tak semua orang cocok dengan rasanya. Segelas susu bisa dibanderol sekitar Rp 102 ribu.

3. Gelato susu unta

Kalau tak terlalu suka aroma susunya, banyak yang beralih ke produk olahannya, salah satunya gelato. Di sana terdapat kafe gelato yang terbuat dari susu unta dengan berbagai rasa dan varian. Jadi kamu tetap bisa mendapatkan kebaikan susu unta dengan cara yang lebih menyenangkan.

 

 

4. Cokelat susu unta

Al Nassma adalah salah satu merek olahan cokelat dari susu unta yang terkenal di Dubai. Pemasarannya pun sudah luas hingga ke pasar internasional. Varian rasanya beragam, mulai dari cokelat susu, kurma, jeruk, rempah Arab, hingga cokelat murni 70 persen. Sebagian besar mengatakan teksturnya sangat lembut dengan rasa manis yang legit.

5. Hot dog unta

Daging unta juga diolah menjadi produk sosis, baik dalam bentuk frozen atau makanan cepat saji seperti hot dog. Salah satu tempat yang menjajakan varian hot dog unta adalah Cafe2Go. Mereka mengaku tertarik menggunakan daging unta karena dirasa lebih sehat, karena mengandung zat besi dua kali lebih banyak dengan tingkat kolesterol lebih sedikit dari daging sapi.

6. Burger unta

Selain hot dog, daging unta juga dijadikan bahan patty burger rendah kalori. Sebagian menyatakan kalau rasanya sangat mirip dengan daging domba. Kalau kamu berkunjung ke Dubai Mall, salah satu gerai yang punya menu menggiurkan ini adalah Switch. Dengan tambahan aneka topping atau pun isian pendamping, seporsi burger unta bisa dijual seharga Rp 317 ribu. Tertarik mencoba?

 

 

 

Tags: , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan