7 Rutinitas Penting Yang Bisa Menjaga Kulit Wajah Awet Muda

7 Rutinitas Penting Yang Bisa Menjaga Kulit Wajah Awet Muda

 

 

Combropedes.net – Banyak orang menginginkan kulit wajah yang awet muda dan tetap cantik meski usia terus bertambah. Ternyata, untuk mendapatkan kulit yang sehat Kamu harus menjalankan sejumlah rutinitas penting.

Apa saja rutinitas itu?
1. Cuci muka dengan pembersih

Christine Choi Kim MD, board-certified medical and cosmetic dermatologist dari California, menyarankan pemakaian pembersih wajah yang lembut pada pagi hari. Hal itu penting demi mengangkat minyak wajah yang terakumulasi sepanjang malam.

Langkah ini juga penting untuk membersihkan wajahmu dari produk wajah yang sudah digunakan pada malam hari. Jadi, kita harus memulai hari dengan wajah yang bersih.

2. Melindungi wajah dari lingkungan

Selain membuat kulit wajah bersih, Kamu pun perlu menggunakan antioksidan untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan polusi lingkungan,-seperti sinar ultraviolet. Antioksidan dalam produk perawatan wajah biasa mengandung vitamin C dan E, phloretin, asam ferulic, dan formula tumbuh-tumbuhan seperti resveratol, teh hijau, dan coffee berry.

 

 

3. Jangan lupa pelindung matahari

Berilah jeda beberapa menit setelah memakai antioksidan ada wajah. Kemudian, gunakan pelindung matahari dengan minimal SPF 30. Dr Kim menyarankan penggunaan produk dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Alasannya, karena saat Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menghitung efektivitas SPF, mereka menggunakan satu ons atau lebih, dan kebanyakan orang tak menggunakan pelindung matahari dalam jumlah yang berlebihan.

Jadi, saat Kamu menggunakan SF 30 dalam ukuran normal, maka perlindungan yang Kamu dapat sama dengan SPF 15. Jika bb cream atau foundation-mu memiliki kandungan pelindung matahari, pilihlah yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi. Atau, gunakan makeup beberapa menit setelah pelindung matahari. Gunakan juga di leher, dada dan tangan.

4. Gunakan produk antioksidan

Jangan lupa untuk menggunakan antioksidan dan pelindung matahari di lehermu. Karena bagian itu juga sering terekspos dan terkena sinar ultraviolet yang berpotensi merusak kulit.

Menurut Dr Kim, banyak orang lupa melindungi daerah tersebut, dan hanya menggunakannya di wajah. Kebiasaan itu akan menimbulkan kerusakan pada kulit, meskipun hal itu tak terjadi pada bagian wajah.

5. Jangan memencet jerawat

Jangan pencet atau pecahkan jerawat. Langkah ini hanya akan menimbulkan peradangan atau pembengkakan. Kamu mungkin bisa mengompres jerawat dengan es untuk mengurangi peradangannya, kemudian aplikasikan obat perawatan jerawat pada titik tersebut.

Tentunya, jangan lupa pastikan obat itu mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau sulfur yang berguna untuk mengeringkan jerawat. Beberapa produk bahkan memiliki concealer di dalamnya. Jadi, Kamu bisa sekaligus menutupi dan mengobati jerawat dalam satu waktu.

 

 

6. Makan buah-buahan dan sayuran

Diet yang kaya dengan buah-buahan penuh warna dan sayuran, khususnya berry dan dedaunan hijau, adalah yang dibutuhkan agar kulit berkilau dan sehat. Menurut nutrisionis Joy Bauer, tambahkan berry pada oatmeal, sereal, yoghurt, atau smoothie sebagai antioksidan dan vitamin C untuk memberikan manfaat kulit yang berseri.

Dengan begitu, kulitmu akan terlihat lebih cerah. Dr Kim mengatakan, Kamu juga harus menghindari alkohol, gula, dan makanan olahan dalam dietmu.

7. Minum banyak air

Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihat kering dan kusam, serta membuatmu terlihat lelah. Dalam blog DrFrankLipman.com, dituliskan,kulit menyukai kelembapan, jadi meminum banyak air sangat penting untuk menghindari kulit kering.

Minumlah setidaknya segelas air sebelum Kamu minum kopi dan cobalah minum setidaknya dua gelas air sebelum makan siang.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan