Apple Kirim Bantuan ke Lombok

Apple Kirim Bantuan ke Lombok
Combro pedes – Gempa yang terjadi di Lombok menyita perhatian seluruh pihak, tak terkecuali Apple. Raksasa teknologi Cupertino, California, AS itu pun memberikan bantuan ke para korban di sana.

“Kami sangat sedih dengan gempa bumi dahsyat di Lombok dan ingin melakukan bagian kami untuk membantu upaya bantuan lokal. Kami berkontribusi untuk mendukung pekerjaan penyelamatan jiwa yang dilakukan Mercy Corps untuk membantu para korban dengan tempat perlindungan darurat dan akses ke pasokan air yang aman,” ujar pihak Apple kepada Combropedes, Kamis (23/8/2018).

Namun Apple tidak mau mengungkap besaran donasi yang diberikan. Hanya saja mereka memastikan ini merupakan bagian kontribusinya ke Indonesia.

Sebab mereka sudah berada di Indonesia sejak lama dan ingin hanya berkontribusi lebih. Tidak saja lewat jalur edukasi dengan dibukanya Apple Developer Academy di BSD dan menjadi pertama di Asia Tenggara, tapi di kegiatan sosial.

Untuk diketahui hingga Lombok masih kerap mengalami gempa susulan pasca terjadinya gempa 7 SR pada Juli lalu. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 515 orang meninggal akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Data itu dihitung BNPB dari periode 29 Juli sampai 19 Agustus 2018.

“Korban meninggal sampai hari ini 515, luka-luka 7.145 orang, pengungsi 431.416, dan rumah rusak 73.843,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan di kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2018).

Dari data itu, BNPB mencatat korban meninggal dunia terbanyak ada pada 5 Agustus 2018 dengan gempa berkekuatan 7,0 SR. Tercatat ada 479 korban meninggal dunia akibat gempa itu.

Pada saat itu tercatat juga kerusakan rumah akibat gempa itu paling besar. Ada 71.992 rumah rusak terdampak gempa berkekuatan 7,0 SR itu.

Sutopo mengatakan korban mayoritas meninggal dunia karena tertimpa bangunan yang roboh saat gempa itu terjadi. Masih banyak bangunan yang tidak tahan gempa mengakibatkan banyaknya korban jiwa saat gempa di NTB itu terjadi.

“Korban meninggal, luka-luka, bukan disebabkan gempanya, tapi bangunannya yang tidak memenuhi standar (bangunan) tahan gempa,” ungkapnya.

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan