Beberapa Manfaat Daging Jangkrik Untuk Kesehatan

Manfaat Atau Khasiat Daging Jangkrik Untuk Kesehatan

Jangkrik, mungkin masih aneh ya bagi beberapa orang untuk dijadikan sajian makanan sehari – hari. Jangkrik sesungguhnya bukan hanya bermanfaat sebagai makanan burung ataupun hewan lainnya, memiliki khasiat bagi manusia pula.

Langsung saja kamu simak dibawah ini untuk beberapa Manfaat atau Khasiat Daging Jangkrik Untuk Kesehatan Tubuh, yaitu:

– Tepungnya menyerupai jamu, mampu menambah stamina !

Daging jangkrik yang telah dikeringkan dan kemudian diolah menjadi tepung, dapat dicampurkan dengan bahan-bahan berupa ramuan alami sehingga akan menghasilkan produk yang mampu meningkatkan stamina dan kebugaran kita.

– Protein yang jauh lebih banyak

Protein yang terdapat dalam daging jangkrik jauh lebih banyak dari pada protein yang terdapat pada ayam, sapi, dan udang. Protein sangat penting untuk tubuh manusia sebagai enzim, meningkatkan pertahanan tubuh dan imunisasi tubuh, membantu pertumbuhan anak-anak, membentuk jaringan pada tubuh, dan mencegah penyakit kwashiorkor dan marasmus yang disebabkan oleh kekurangan protein.

– Jangkrik pencegah penyempitan pembuluh darah !

Protein dan asam-asam amino yang terdapat pada jangkrik mampu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Cocok untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan penyempitan pembuluh darah seperti stroke.

– Vitalitas pun bisa meningkat dengan mengkonsumsi daging jangkrik

Daging jangkrik mampu meningkatkan vitalitas baik pria maupun wanita. Selain itu, bagi wanita, daging jangkrik juga mampu menunda menopouse.

– Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak !

Protein yang ada pada daging jangkrik sangat baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Perkembangan otak anak pun dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi daging jangkrik.

– Bikin awet muda !

Daging jangkrik dapat mencegah penuaan karena adanya protein collagen yang mampu mepertahankan elastisitas persendian tulang, sel kulit, kornea mata, dan mencegah penyakit katarak, sehingga kita bisa lebih awet muda.

– Selain untuk manusia, daging jangkrik juga bermanfaat untuk burung berkicau

Daging jangkrik mampu meningkatkan kekuatan suara, membuat suara lebih merdu. Hal ini benar dirasakan juga untuk burung berkicau dan mempercepat kemampuan burung untuk berkicau. Bagi indukan, daging jangkrik akan bermanfaat untuk mempercepat produktivitas telurnya.

– Tidak hanya burung dan manusia yang mendapatkan manfaat dari jangkrik, ikan hias pun perlu diberi pakan jangkrik

Ikan hias yang diberi pakan jangkrik akan memiliki warna yang lebih tajam dan perkembangan tubuhnya jauh lebih cepat karena daging jangkrik mengandung kalsium dan mineral.

Jenis ikan yang gemar menyantap jangkrik antara lain oscar, alligator gal, piranha, toman, arwana, louhan, dan lain-lain. Kan sudah terbukti bahwa ikan memiliki kandungan protein sangat tinggi, berarti ikan yang makan jangkrik ?

Daging Jangkrik, Halal Atau Tidak ?

Manfaat daging jangkrik terbukti tidak hanya sedikit saja sehingga patut nih kita coba untuk konsumsi. “Halal tidak sih?”, pertanyaan itu pasti muncul ketika kita akan mengkonsumsinya.

Daging jangkrik halal untuk kita konsumsi dan telah terdaftar serta mendapat sertifikat kesehatan dari MUI, jadi daging jangkrik aman untuk di konsumsi.

Kebanyakan masyarakat di Indonesia masih merasa aneh untuk mengkonsumsi daging jangkrik karena melihat bentuknya yang berbeda dari daging yang biasa dikonsumsi dan mengingat awalnya jangkrik hanya dikonsumsi oleh ikan hias, burung, maupun ayam.

Sebenarnya, daging jangkrik enak jika telah diolah menjadi makan yang umum kita konsumsi. Jangkrik yang akan diolah terlebih dahulu digongseng (digoreng tanpa menggunakan minyak) supaya lebih gurih.

Jangkrik kering pun kemudian dapat diolah, misalnya dijadikan sebagai rempeyek, sate, biskuit, maupun campuran dalam nasi goreng atau olahan lainnya. Selengkapnya akan kami bahas dalam postingan selanjutnya, nantikan saja dalam Tips Kesehatan Terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *