Beberapa Teh Herbal Yang Bisa Menyembuhkan Diare

Beberapa Teh Herbal Yang Bisa Menyembuhkan Diare

 

Combropedes.net – Musim kemarau yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia menyebabkan berbagai penyakit timbul dan menyerang masyarakat.

Kemarau panjang menyebabkan kotoran dan debu kian menumpuk dan bertebaran terbawa angin.

Tanpa disadari debu-debu yang terbawa angin tersebut menempel pada makanan dan minuman yang hendak Anda konsumsi. Tak hanya itu, lalat pembawa kuman penyakit pun turut berkontribusi dalam menyebarkan ancaman bagi manusia.

Nah, jika Anda tidak pandai dalam memilih makanan yang bersih, maka penyakit seperti diare akan mengintai Anda. Namun, jangan khawatir jika Anda sudah terlanjur terinfeksi, maka ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkannya.

Melansir dari Times of India, Kamis (4/10/2018), Okezone akan membagikan beberapa teh herbal yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan diare. Penasaran? Yuk, disimak.

1. Teh Chamomile

Teh Chamomile dianggap sebagai salah satu teh terbaik untuk mengobati diare. Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan usus dan juga memiliki sifat antispasmodic yang membantu menghilangkan rasa sakit perut.

2. Teh kayu manis

Teh kayu manis adalah herbal lain untuk menyembuhkan diare. Kayu manis memiliki sifat obat dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengontrol gerakan usus dan tidak mengiritasi lapisannya, sehingga mampu menenangkan perut. Kayu manis juga merupakan karminatif, yang membantu meringankan gas usus dan secara tradisional telah digunakan untuk mengobati diare.

3. Teh Adas

Teh Adas dikenal memiliki sifat antioksidan, pencernaan, karminatif dan dapat melawan patogen di perut. Adas dapat membantu mengobati diare, perut kembung dan memperkuat sistem kekebalan Anda. Kehadiran mineral seperti potasium dalam biji adas membantu mengatur kadar elektrolit dan mencegah ketidaknyamanan akibat dehidrasi.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung tanin yang bekerja sebagai astringen di selaput lendir usus. Ini membantu tubuh untuk menyerap cairan dan menenangkan radang usus. Minum teh hijau di sebaiknya di siang hari untuk mengurangi efek samping pencernaan kafein.

5. Teh Thyme

Teh thyme dianggap sebagai salah satu obat herbal alternatif untuk penyakit yang mempengaruhi sistem pencernaan. Thyme memiliki sifat menenangkan dan antimikroba yang membantu menjaga gerakan usus dan proses pencernaan yang stabil.

6. Teh Peppermint

Teh peppermint paling sering disebut sebagai penyembuh perut karena dikenal untuk menenangkan banyak penyakit perut termasuk diare dan perut kembung dan memperlancar pencernaan. Selain itu, pepermint juga mampu menyeimbangkan flora bakteri dan menurunkan produksi jus asam.

7. Teh Jahe

Jahe memiliki sifat analgesik, antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu penyembuhan penyakit perut. Bumbu masakan ini menghangatkan perut dan merupakan tonik yang hebat untuk sistem pencernaan. Minum teh jahe akan menghidrasi tubuh dan mengisi kembali cairan yang hilang selama diare.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan