Dampak Berbahaya Bagi Kesehatan Jika Anda Sering Bergadang

Dampak Berbahaya Bagi Kesehatan Jika Anda Sering Bergadang

 

 

Combropedes.net – Sibuknya kegiatan dapat mengakibatkan Anda kurang tidur. Padahal minimal waktu tidur yang baik yaitu 7-8 jam dalam sehari.

Pernahkan Anda mendengar cerita jika seseorang kurang tidur dapat beresiko tinggi terkena jantung?

Penelitian yang dilakukan oleh Kongres European Society of Cardiology di Munich, Jerman, menunjukkan kurang tidur dan tidur berlebihan harus dihindari untuk kesehatan jantung yang optimal.

Tidur selama 6 hingga 8 jam semalam paling bermanfaat bagi jantung, sementara kurang dari itu dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner atau biasanya disebut penyakit jantung.

Menurut Dr Epameinondas Fountas dari pusat bedah jantung Onassis di Athena, Yunani, terlalu banyak dan kurang tidur dapat berdampak buruk bagi jantung, dan tekanan darah.

‚ÄúPenelitian kami menunjukkan bahwa terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat berdampak buruk bagi jantung”, katanya yang dikutip dari laman Theguardian, Rabu (29/8/2018).

 

 

Perlu banyak penelitian untuk menjelaskan dengan tepat mengapa itu bisa memengaruhi jantung dan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan oleh Dr Fountas alasan mengapa itu bisa terjadi karena tidur dapat memengaruhi proses biologis.

Seperti, metabolisme glukosa, tekanan darah tinggi, dan radang, semua pengaruh tersebut berdampak pada penyakit kariovaskular.

Hasil data penelitian yang dilakukan satu juta orang dewasa dari 11 kali studi analisis hasilnya adalah kurang tidur berisiko 11% dan banyak tidur berisiko 33% lebih besar daripada orang yang tidur ideal (6-8 jam sehari).

“Sebenarnya tidur sedikit tidak langsung merusak kesehatan, tetapi bukti dari penelitian menunjukan bahwa kurang tidur terus menerus jelas harus dihindari karena berakibat fatal pada kesehatan jantung” jelas Dr Fountas

Emily McGrath, seorang perawat khusus penyakit jantung di British Heart Foundation, mengatakan banyak orang yang datang dengan penyakit jantung dikarenakan terlalu banyak dan terlalu sedikit waktu tidur.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan