Hati-hati! Penyakit Jantung Koroner Bisa Menyerang Orang Yang Sehat

Hati-hati! Penyakit Jantung Koroner Bisa Menyerang Orang Yang Sehat

 

 

Combropedes.net – Apa sih yang ada di benak Anda ketika mendengar penyakit jantung koroner? Penyakitnya orangtua?

Pemikiran seperti itu sudah sejatinya diubah. Sebab, faktanya sekarang mengungkapkan bahwa penyakit ini sudah mulai menyerang usia di bawah 50 tahun.

Selain tren-nya mengarah pada anak muda, penyakit ini juga menjadi kekhawatiran semua orang karena menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia.

Lebih lanjut mengenai masalah ini, jika mengacu pada Riskesdas 2013, prevalensi penyakit jantung koroner (PJK) nasional sebesar 15% dengan kasus paling tinggi di Nusa Tenggara Timur (4,4%) dan terendah di Riau (0,3%).

Dengan prevalensi PJK pada umur di atas 15 tahun menurut karakteristik salah satu hasilnya adalah dinilai dari status pekerjaannya.

Dijelaskan di sana bahwa penyakit PJK ini paling tinggi pada masyarakat tidak bekerja (1,6%) dan terjadi juga pada petani atau nelayan atau buruh yang persentasenya (1,6%) juga.

Fakta ini kemudian menimbulkan pertanyaan; mereka yang dipedesaan di mana aktivitas fisiknya tinggi kok masih bisa terserang masalah PJK?

 

 

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr Bambang Dwiputra, SpJP, coba menjawab, masalah PJK tidak sekadar masalah satu hal.

“Penyakit PJK itu bersifat multifaktoral, jadi penyebabnya tidak hanya satu dan penyakit ini pun memang tidak melihat seberapa banyak aktivitas fisik Anda, jika Anda sudah punya faktor risiko PJK,” jelasnya seperti yang diliput Combropedes, Jumat (28/9/2018).

Dr Bambang kemudian memberikan contoh kasus di mana sekarang ini tidak heran kemudian teman Anda yang rajin olahraga dan memiliki badan bagus masih saja mengalami masalah PJK.

Hal ini, sambung dr Bambang, yang kemudian dilihat para perokok yang kemudian mereka menciptakan pandangan sesat; “Kalau gitu ngerokok aja, toh, mereka yang terlihat sehat tetap kena jantung dan meninggal karena masalah kesehatan itu.”

Alasan ini yang kemudian membuat mereka yang terlihat sehat tetap berisiko PJK. Adalah riwayat penyakit yang pernah diderita. “Mereka yang kini terlihat sehat mungkin memiliki kolesterol tinggi, diabetes, atau obesitas.

Bahkan, bisa saja mereka diturunkan masalah PJK ini dari orangtuanya. Hal ini yang kemudian membuat mereka yang terlihat sehat dan bugar tetap berisiko masalah jantung,” ungkapnya.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan