Hiburan Rakyat Lenong Betawi

Hiburan Rakyat Lenong Betawi

Lenong betawi adalah salah satu pertunjukan kesenian teater tradisional yang disisipkan sandiwara dengan dialek Bahasa yang khas rakyat betawi. Lenong adalah kesenian asli betawi yang pada abad ke 19 sangat terkenal dan durasi pertunjukannya bisa sampai semalam suntuk.

Kesenian ini selalu identik dengan iriangan musik gambang, kromong dan beberapa alat musik asli tionghoa seperti tehyan dan konghayang. Lakon atau judul yang biasanya di pertunjukan selalu membahas tentang menolong yang lemah dan memberantas kebatilan.

Disela-sela pertunjukan lenong, para pemain akan menyuguhkan beberapa atraksi silat serta kelakar lucu para pemain yang mampu memancing gelak tawa para penonton. Artis ibukota seperti Mandra, Mastur, Omas, Bokir, Mpok Nori, Mali, Bolot, Haji bodong adalah jebolan pemain lenong yang akhirnya menjadi artis dan comedian terkenal yang sering tampil di layar kaca televisi.

Saking terkenalnya pertunjukan lenong, Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) pada waktu itu membuat acara sikon komedi Lenong Bocah. Pemain seperti Oky Lukman, Tina Toon, Melissa Grace adalah salah satu artis jebolan lenong bocah.

Saat ini, pertunjukan lenong betawi semakin ditinggali peminatnya. Kemungkinan hanya pada acara pernikahan kita masih bisa menjumpai pertunjukan lenong betawi. Hampir punahnya kesenian lenong sendiri di sebabkan beberapa faktor, yaitu :

– Tingginya harga sewa sekali pertunjukan
– Animo masyarakat saat ini lebih tinggi terhadap teknologi seperti gadget dan menonton langsung di televisi.

Itulah kenapa, Hiburan Rakyat Lenong Betawi sangat langka dapat kita jumpai.

 

Sumber : Wikipedia

Tags: , , , , , , , , ,
Situs Togel Online Terpercaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan