Indonesia Masih Butuh Pilot Heli Yang Banyak

Indonesia Masih Butuh Pilot Heli Yang Banyak

 

 

Combropedes.net – PT Whitesky Aviation, perusahaan yang bergerak di sektor jasa helikopter, berencana membuka sekolah heli.

Chief Executive Officer (CEO) WhiteSky Aviation, Denon Prawiraatmadja mengatakan, kebutuhan akan jumlah pilot heli di dalam negeri masih sangat besar, sedangkan potensinya terus bertumbuh.

“Kita ancang-ancang ke sana, mempersiapkan sekolah heli dalam bentuk flying school. Saya sudah siapkan heli dan joystick-nya,” ujarnya di Jakarta.

Menurut dia, potensi akan kebutuhan pilot heli di dalam negeri sangat besar dan belum tergarap maksimal. Adapun, pilot heli yang ada di dalam negeri masih didominasi kalangan militer ataupun eks militer. Dia juga menjelaskan bahwa kebutuhan pilot heli rata-rata pertahun tidak bisa diprediksi.

Sebab, harus disesuaikan dengan jumlah unit armada. Namun, jika melihat potensinya, sektor helikopter lebih memungkinkan berkembang karena banyak bidang yang bisa digarap.

“Misalnya di sektor medical check up, kebencanaan, minyak dan gas, pemetaan wilayah, korporasi, serta urban heli untuk kebutuhan private, seperti wisata heli dan sebagainya,” ungkapnya.

 

 

Di Indonesia jumlah heli yang beroperasi masih sedikit jika dibandingkan dengan negara-negara, seperti Australia dan Brasil yang memiliki keayaan migas.

“Di Australia itu ada 2.000 helikopter yang beroperasi, begitu pula Brasil. Sementara di Jawa ada 30, kalau keseluruhan Indonesia baru sekitar 200,” ungkapnya.

Terpisah, Managing Director Airfast Indonesia Arif ibowo mengatakan, ada pilot helikopter dengan kualifikasi bisa terbang high altitude, vertical reference, dan long line.

Di Indonesia masih sangat minim pilot helikopter dengan kualifikasi tersebut. Belum lagi para teknisi dan load master yang kualifikasinya tinggi. Pendidikan pilot helikopter di Indonesia, kata dia, sangat sedikit, hanya ada di STPI Curug dan Genesa Flight Academy.

Namun, beberapa maskapai yang mengoperasikan helikopter pun masih mendidik calon pilot yang dibutuhkannya di luar negeri. Apalagi jika harus sampai kualifikasi tinggi. Saat ini, untuk tugas tersebut masih dipegang oleh pilot-pilot asing dan kalangan militer dan eks militer.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan