Ini Dampak Buruk Bangun Terlalu Pagi Yang Belum Kamu Ketahui

Ini Dampak Buruk Bangun Terlalu Pagi Yang Belum Kamu Ketahui

 

 

Combropedes.net – Sebenarnya bangun pagi itu baik untuk kesehatan dan bisa memberikan Kamu lebih banyak waktu untuk memulai aktivitas baru.

Tetapi, jika Kamu bangun terlalu pagi, dengan jam istirahat yang tidak mencukupi, maka bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Saat Kamu bangun lebih awal tubuh akan mudah kelelahan di siang hari, dan kemungkinan Kamu akan tidur di sore hari, dan pada akhirnya Kamu akan susah untuk tidur di malam hari.

Kekurangan istirahat pada malam hari akan membuat kita sulit untuk merawat kesehatan kita. Ketika Kamu tidur saat larut malam dan bangun tidur terlalu pagi, maka Kamu akan mengacaukan jam istirahatmu dan tidak mendapatkan jam tidur yang cukup.

Diringkas dari The Health Site oleh Combropedes.net, berikut ini beberapa dampak buruk bangun terlalu pagi yang belum kamu ketahui.

Kamu akan mudah capek

Kamu akan mudah mengalami kelelahan yang sepanjang hari saat beraktifitas jika Kamu mencoba bangun terlalu pagi, khususnya mereka yang tidak terbiasa untuk bangun pagi. Kamu akan merasa ngantuk jika sering bangun pagi.

Dampak lain yang biasa terjadi adalah diet Anda bisa rusak, karena Anda akan mencoba minum minuman berkafein seperti kopi, dan makan makanan manis supaya tetap aktif.

Jam tidur yang kurang

Jika Kamu sering tidur sampai larut malam dan keesokan harinya mencoba bangun pagi-pagi, kebiasaan ini akan berdampak lebih berbahaya bagi tubuh Anda. Sebab saat Kamu kurang tidur, otak tidak berfungsi dengan baik seperti biasanya.

Selain itu, Kamu akan susah untuk tertidur jika nantinya Kamu merasa kelelahan. Hal ini akan menyebabkan jam tidur menjadi terganggu dan bisa berdampak lebih buruk.

Akibatnya, tubuh akan beresiko mengalami stres dan mudah lelah apabila Kamu melakukannya secara terus-menerus. Lebih parahnya lagi, jam tidur yang kurang ini dapat menyebabkan kematian dini.

Berdampak pada kesehatan mental

 

 

Tidur yang kurang dan berangkat kerja lebih awal bisa mempengaruhi tingkat stres emosi Kamu. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Westminster bahwa orang yang bangun tidur sebelum jam 7 pagi di pagi hari mempunyai tingkat stres yang lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang bangun tidur sedikit lebih lama.

Oleh karena itu, orang yang sering merasa stres, akan sering menderita migrain, emosi yang kurang stabil, nyeri otot, dll.

Jam tubuh berbeda

Jam tubuh setiap orang berbeda beda sesuai dengan kebiasaan tidur masing masing orang. Apabila Kamu terus-menerus tidur larut malam dan merasa susah untuk bangun pagi pagi maka Kamu harus mengubah kebiasaan ini. Kamu harus bisa menyesuaikan jam tidur dengan jam tubuhmu.

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan