Ini Dampak Negatif Jika Terlalu Sering Menggunakan Headphone

Ini Dampak Negatif Jika Terlalu Sering Menggunakan Headphone

 

 

Combropedes.net – Teknologi kini sudah berkembang dengan sangat pesat. Di satu sisi, hal ini telah membuat hidup kita jadi lebih mudah dan nyaman.

Namun, di sisi lain, teknologi justru mendatangkan efek yang buruk. Salah satu teknologi favorit yang sering digunakan khususnya oleh kalangan remaja adalah headphone.

Untuk mengusir rasa bosan, para remaja biasanya sering menggunakan headphone untuk mendengarkan lagu. Tapi, tahukah Anda bahaya apa yang mengintai jika terlalu sering menggunakan headphone?

Berikut adalah 7 efek berbahaya yang dapat menimpa Anda jika terlalu sering menggunakan headphone.

 

1. Kehilangan pendengaran

Hampir semua headphone memaparkan gelombang suara desibel tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada telinga Anda. Jika Anda mendengarkan musik dengan volume tinggi yang setara atau bahkan lebih tinggi dari 90 desibel, maka dapat menyebabkan kerusakan serius pada telinga Anda serta gangguan pendengaran permanen.

Jadi, jangan mendengarkan musik dengan volume yang terlalu tinggi. Pertahankan volume pada tingkat sedang.

 

 

2. Saluran udara padat

Sebagian besar headphone berkualitas tinggi mengharuskan Anda untuk menempatkannya di liang telinga yang sangat dekat dengan gendang telinga. Menggunakan headphone berjam jam berarti Anda membatasi aliran udara di saluran udara sehingga lebih rentan terhadap infeksi telinga.

3. Infeksi telinga

Hal lain yang harus Anda lakukan saat menggunakan headphone adalah jangan meminjamkannya dengan siapapun. Meminjamkan headphone dapat menyebabkan infeksi yang tidak diinginkan. Bahkan ketika Anda memutuskan untuk meminjamkan headphone Anda, pastikan untuk membersihkannya sebelum menggunakannya kembali.

4. Telinga sakit

Penggunaan headphone yang lama atau mendengarkan musik dengan volume yang sangat tinggi dapat menyebabkan sakit telinga. Anda mungkin mengalami rasa sakit yang hebat tidak hanya di satu bagian telinga tetapi juga bagian yang bersebelahan.

5. Telinga mati rasa

Mendengarkan musik selama berjam-jam dengan headphone Anda juga dapat menyebabkan mati rasa pada telinga. Seiring dengan mati rasa pada telinga, Anda juga dapat kehilangan pendengaran untuk sementara. Namun, jika Anda mengabaikan tanda-tanda ini dan tetap melakukan kebiasaan buruk tersebut maka dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

 

 

6. Merugikan otak

Headphone Anda menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada otak dalam jangka panjang karena bagian dalam telinga terhubung dengan otak. Kerusakan yang disebabkan ke bagian ini dapat menimbulkan kerusakan serius pada otak Anda.

7. Ancaman eksternal

Penggunaan headphone yang berlebihan juga dapat menyebabkan ancaman serius terhadap hidup Anda. Terlalu terbawa ketika mendengarkan musik, dapat memutuskan hubungan dengan dunia lainnya dan Anda mungkin harus menghadapi konsekuensi yang berat.

Konsekuensinya dapat bervariasi dari kerugian kecil hingga kerugian yang sangat besar. Bahkan, jumlah kecelakaan yang disebabkan karena mendengarkan musik saat tidak tahu tentang lingkungan luar terus meningkat.

Jadi, ketika Anda sedang berada di luar atau sedang berjalan-jalan, hindari penggunaan headphone sebisa mungkin.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan