Ini Hasil Pertemuan Antara Jack Ma Dengan Pemerintah Di Bali

Ini Hasil Pertemuan Antara Jack Ma Dengan Pemerintah Di Bali

Combropedes.net – Pendiri Alibaba Group Jack Ma menghadiri pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank di Nusa Dua, Bali. Hari ini Jack Ma dijadwalkan bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Kominfo Rudiantara, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

 

Menteri Kominfo Rudiantara menjelaskan pertemuan yang dilakukan hari ini adalah lanjutan dari pertemuan di Jakarta bulan lalu. Dia menjelaskan dalam rapat ini dibahas keikutsertaan Indonesia dalam event double 11 pada November 2018 mendatang.

“Kami dengar bahwa Indonesia mendapat dukungan penuh dari pak Jack Ma dan Alibaba. Jadi Indonesia akan menyediakan produk agar bisa dipajang di e-Commerce asal China itu,” kata Rudiantara di Laguna Hotel, Nusa Dua, Sabtu (13/10/2018).

Dia menyampaikan selain membahas keikutsertaan, rapat juga membicarakan terkait pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), mulai dari perencanaan pemerintah yang akan didukung oleh Alibaba. Kemudian juga didiskusikan bahwa Indonesia membutuhkan dukungan dari sektor digital yakni untuk menghadapi tantangan teknologi di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, Jack Ma menyampaikan jika acara double 11 membuat usaha-usaha bisa tumbuh lebih baik. Di China, banyak usaha kecil yang usahanya berkembang karena ikut serta dalam acara 11.11 ini.

Tema kedua yang dibicarakan adalah terkait SDM, dia menyebutkan Indonesia saat ini sedang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Selanjutnya adalah membicarakan bisnis di Indonesia harus beralih ke digital.

“Jadi kami membicarakan digitalisasi yang bisa membantu bisnis di Indonesia. Indonesia bisa mengembangkan e-cloud, e-commerce hingga pembayaran elektronik,” ujar dia.

Dia menyampaikan Alibaba juga akan mengajak Indonesia dalam gerakan non tunai dan membayar tanpa uang cash. “Kami sangat senang bisa diskusi dengan Kadin mereka setuju untuk mengirim delegasi di event 11.11 nanti,” imbuh Jack Ma.

Di sana, perwakilan dari Indonesia bisa belajar tentang bisnis, logistik, keuangan dan market place. Kemudian juga ada pertemuan yang membahas tentang e-Commerce dan internet. Jack Ma menyampaikan ia akan hadir dalam acara tersebut sebagai pemilik Alibaba.

Ketua umum Kadin Rosan P Roeslani mengapresiasi Jack Ma yang sudah hadir di Bali sebagai penasihat yang akan memberikan arahan untuk UMKM agar bisa berpartisipasi dan belajar langsung di Alibaba. “Oleh karena itu kami akan hadir dan membawa delegasi ke China double 11. Saya akan membawa banyak delegasi dan semoga ini menghasilkan banyak kreasi,” ujarnya.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan