Ini Tanggapan OSO Tentang Usulan Debat Capres Berbahasa Inggris

Ini Tanggapan OSO Tentang Usulan Debat Capres Berbahasa Inggris

Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO)

 

 

Combropedes.net – Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) bingung dengan usulan dari Ketua DPP PAN Yandri Susanto yang mengusulkan supaya diadakan debat bahasa Inggris untuk capres-cawapres.

“Orang kita warga negara Indonesia kok debatnya pake bahasa Inggris. Emangnya mau pamer kalau jago bahasa Inggris apa?,” sindir OSO di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

OSO sempat meragukan nasionalitas dan kecintaan pada bahasa Indonesia Yandri Susanto. Karena menurut OSO, kita sebagai bangsa Indonesia, tetap harus selalu menjunjung tinggi bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia.

“Where are your nationality? Orang Korea saja kalau datang mereka menggunakan bahasa Korea. Begitu juga dengan saya, kalau berpergian keluar negeri biar saya bisa bahasa Inggris saya tetap menggunakan bahasa Indonesia, saya nggak mau menggunakan bahasa Inggris,” jelasnya.

“Bukan saya nggak mau, tetapi saya tunjukkan bahwa we are Indonesian. Negara Indonesia bangsa Indonesia bahasa Indonesia. Ngapain pakai bahasa Inggris di negara asal sendiri,” Dewan Penasehat Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menambahkan.

OSO juga tidak setuju jika usulan debat berbahasa Inggris tersebut dijadikan alasan untuk mengukur kemampuan berbahasa asing capres dan cawapres. Sebab menurut Ketum Hanura itu, seharusnya debat para capres itu harus dimengerti oleh semua pihak yang ikut menyaksikan.

“Ini masalah campaign. Campaign itu mau menjatuhkan atau nggak mau menjatuhkan. Tapi kalau menjatuhkan dalam bahasa yang rakyat mengerti. Gimana kalau kamu pakai kata campaign bahasa inggris, kan rakyat tidak semuanya yang paham bahasa Inggris,” tuturnya.

“Kamu ngomongnya pakai bahasa Inggris nggak ngerti terus tepuk tangan. Horee. Yah lucu kan? Lebih lucunya lagi jika nantinya yang nggak ngerti bahasa Inggris, malah yang menang tuh yang nggak bisa bahasa Inggris. Nanti mau salahkan siapa?,” tambahnya.

 

Ketua DPP PAN Yandri Susanto

 

Pada saat sebelumnya, tim kemenangan Prabowo-Sandiaga mengusulkan diadakan debat capres dan cawapres Pilpres 2019 menggunakan bahasa Inggris. Ketua DPP PAN Yandri Susanto berpendapat bahwa usulan itu bisa menjadi bahan pertimbangan KPU.

“Mungkin boleh juga kali, ya. Ya, makanya hal-hal seperti itu secara detail perlu didiskusikan dulu,” jawab Yandri setelah usai rapat sekjen di Posko Pemenangan PAN, Jl Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/9).

 

 

 

Tags: , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan