Jalan Tol Fungsional Yang Akan di Lalui Oleh Para Pemudik di Jawa Timur

Jalan Tol Fungsional Yang Akan di Lalui Oleh Para Pemudik di Jawa Timur

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengatakan arus mudik lebaran yang di perkirakan berpotensi kemacetan selama arus mudik maupun arus balik pada lebaran 2018 bisa teratasi. Sebab, sejumlah jalur tol fungsional di beberapa daerah sudah bisa dilalui pemudik.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Wahid Wahyudi mengatakan, kondisi infrastruktur jalan untuk lebaran 2018 ini jauh lebih baik dibanding lebaran tahun lalu lantaran jalur tol fungsional mulai bisa beroperasi.

“Biasanya ada beberapa kemacetan luar biasa di beberapa titik saat mudik lebaran. Tapi kami yakin tahun ini bisa teratasi,” kata Wahid di Malang, Jumat, 8 Juni 2018.

Arus mudik lebaran di Jawa Timur dibagi dalam jalur utara, tengah dan selatan. Untuk jalur Surabaya Jawa Tengah, ada jalur tol yang beroperasi meski belum sepenuhnya tersambung. Tetapi di titik ini ada dua jalur tol fungsional yang siap beroperasi untuk lebaran 2018 ini.

Dua jalur tol fungsional itu meliputi ruas tol Kertosono – Wilangan sepanjang 38 kilometer (km) serta tol Ngawi – Sragen, Jawa Tengah sepanjang 55 km. Bisa dilaluinya kedua ruas tol itu bisa memangkas perjalanan Surabaya – Ngawi yang biasanya butuh 8 jam menjadi hanya 4 jam saja.

“Kami yakin bisa sangat lancar. Tapi kami imbau pemudik tetap memantau informasi, jika jalur itu padat ya lebih baik cari jalur alternatif,” ucap Wahid.

Pria yang juga pejabat sementara Wali Kota Malang ini menambahkan, potensi kemacetan jalur Surabaya – Malang bisa teratasi. Sebab, ada bagian jalur tol Malang – Pandaan yang difungsikan. Yaitu ruas Pandaan – Lemahbang, Sukorejo (5 km) serta ruas Sumberwuni, Lawang – Karanglo, Singosari (12 km).

Sedangkan arah menuju Banyuwangi, beberapa jalur tol Gempol – Pasuruan yang terputus, kini bisa difungsikan untuk arus mudik lebaran. Yaitu tol fungsional di ruas Rembang – Pasuruan sepanjang 6,6 km. Seluruh tol fungsional itu diharapkan memperlancar arus mudik.

“Keberadaan tol fungsional itu akan sangat membantu mengurangi masalah kemacetan yang selama ini sering terjadi,” tutur Wahyudi.

 

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan