Menang 4-2 Atas Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Menang 4-2 Atas Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Timnas Prancis berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia setelah berhasil menang 4-2 atas Kroasia pada laga final yang digelar di Stadion Luzhniki, Ahad (15/7) malam WIB.

Gol pertama terjadi pada menit ke-18 setelah pemain Kroasia melakukan gol bunuh diri melalui sundulan yang masuk ke gawang sendiri. penalti Antoine Griezmann pada menit ke-38. Selain itu, dua sepakan luar kotak penalti Paul Pogba pada menit ke-59 dan Kyilian Mbappe pada menit ke-65. Dua gol balasan The Blazers dibuat lewat sepakan Ivan Perisic pada menit ke-28 dan Mandzukic pada menit ke-69.

Prancis mencatatkan diri sebagia juara dunia untuk kedua kalinya sepanjang sejarah. Mereka mengulang sukses Piala Dunia 1998 yang berlangsung di negara mereka sendiri. Selain trofi juara dunia kedua, prestasi ini sebagai obat kegagalan tim asuhan Didier Deschamps itu dari kekalahan di final Piala Eropa 2016 di Paris.

Bagi Kroasia, luka ini seperti mengulang kejadian di Piala Dunia 1998. Pada 20 tahun silam, Prancis juga yang menjadi batu sandungan mereka untuk menjadi juara dunia. Bedanya, saat itu Kroasia dikalahkan Prancis di semifinal.

Prancis yang memang berstatus tim unggulan unggul lebih dulu lewat tendangan bebas Griezmann di menit 18. Tendangan bebas pemain Atletico Madrid itu menyentuh kepala Mandzukic sebelum masuk ke gawang Danijel Subasic.

Berselang 10 menit kemudian, moral pasukan Zlatko Dalic kembali naik ketika Perisic menyamakan kedudukan. Pemain Inter Milan itu melakukan tendangan keras usai mengontrol bola umpan jarak dekat Damagoj Vida.

Prancis kembali unggul 10 menit kemudian setelah wasit asal Argentina Nestor Pitana melihat adanya hand ball Perisic setelah melihat tayangan ulang Video Assistant Refrree (VAR). Esekusi Griezmann berhasil mengecoh Subasic.

Babak kedua dimulai, tensi pertandingan masih berjalan dengan tempo tinggi. Paul Pogba membuat Kroasia panik dengan gol indahnya pada menit ke-59.

Griezmann memantulkan bola dari dalam kotak penalti yang langsung disambut Pogba dengan tendangan first time. Tendangan kaki kanan Pogba pertama diblok oleh bek Kroasia.

Namun, Pogba yang dapat kembali menguasai bola mencoba menendang dengan kaki kiri. Kali ini, sepakan pemain Manchester United itu meluncur deras di sisi kanan Subasic.

Enam menit kemudian, giliran bintang muda Kylian Mbappe yang unjuk gigi. Pemain Paris Saint Germain itu melepaskan tendangan luar kotak dengan santai usai menerima umpan Lucas Hernandez.

Sepakan Mbappe membawa Prancis unggul 4-1. Di menit 69, harapan Kroasia kembali terbuka. Mario Mandzukic berhasil mencuri bola dari Hugo Lloris yang salah saat hendak menyapu bola back pass.

Namun setelah kesalahan Lloris, semua pemain bertahan Prancis bermain rapi menyapu setiap peluang Kroasia. Skor 4-2 menandai sejarah kali kedua Prancis menjadi juara dunia.

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan