Olahraga Ketika Puasa Ramadhan Lebih Menyegarkan

Kegiatan apakah sehari – hari yang paling rutin kamu lakukan tiap pagi ? Apakah sehari – hari ditiap pagi hanya bermalas – malasan dan kembali tidur ? Coba deh tiap pagi kamu lakukan kegiatan rutin.

Salah satunya dengan bergeraklah lakukan, olahraga ! Semangat kamu untuk berkegiatan akan berbeda bila kamu lakukan olahraga rutin tiap pagi, biasanya akan jauh lebih baik.

Berpuasa itu akan terasa lebih nikmat bila banyak lakukan aktivitas. Mulailah aktivitas rutin saat puasa dengan berolahraga. Dengan lakukan olahraga, maka tubuh tetap bugar.

Ya, meski harus menjalankan ibadah berpuasa, bukan berarti kamu harus absen melatih fisik. Berolahraga saat berpuasa justru menawarkan manfaat tersendiri.

Salah satunya mengoptimalkan kinerja hormon. Seperti dikutip dari Greatist, perut yang kosong memicu perubahan hormon di dalam tubuh yang bisa membantu pembentukan otot dan pembakaran lemak lebih cepat.

Olahraga saat berpuasa turut meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes. Tidak hanya itu, tetap rutin berolahraga selama Ramadan turut memicu produksi hormon pertumbuhan yang penting dalam pembentukan jaringan otot, membakar lemak, meningkatkan kepadatan tulang dan harapan hidup lebih lama.

Jika diimbangi juga dengan tidur yang cukup, khasiatnya sangat efektif dalam menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Pola makan pun perlu kamu perhatikan untuk kamu jaga.

Tapi tentu saja, berolahraga saat berpuasa memiliki mekanisme tersendiri agar tidak membahayakan kesehatan. Misalnya berkaitan dengan waktu dan durasi berolahraga.

Pastikan sesi latihan fisik kamu jangan terlalu intens untuk menghemat energi tubuh selama berpuasa. Soal waktu yang tepat untuk berolahraga, ada banyak pilihan.

Biar bagaimana pun sesungguhnya tetap dapat dilakukan selepas sahur atau menjelang berbuka. Bisa pula beberapa jam setelah berbuka untuk pembakaran energi yang maksimal. Oleh karena itu, coba deh kamu tinggal sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *