Presiden ke-3 RI BJ Habibie Dirawat di RSPAD Gatot Subroto

Presiden ke-3 RI BJ Habibie Dirawat di RSPAD Gatot Subroto

 

 

 

Combropedes.net – Disebut akibat kelelahan karena padatnya aktivitas, Presiden ke-3 RI BJ Habibie dirawat di RSPAD Gatot Subroto sejak Jumat (24/8) lalu.

“Prof Habibie sangat sehat. Tadi cerita banyak terlalu capek. Banyak aktivitas beliau tidak hentinya, cerita dari Pekanbaru ke Padang, terus Padang ke Serpong, nggak ada jedanya jadi capek. Sekarang sudah baik. Dirawat sejak Jumat,” ujar Jokowi di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2018).

Sebelumnya, pada bulan Maret lalu, Habibie juga sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Munchen, Jerman diduga karena ada kebocoran pada klep jantung yang pernah dipasang.

Apa itu kebocoran klep jantung? Situs Mayo Clinic menyebut kebocoran klep jantung merupakan kondisi di mana klep jantung tidak berfungsi dengan baik, tidak menutup dan tidak kembali seperti semula.

Gangguan ini membuat darah sulit mengalir ke ruangan (bilik jantung) atau pembuluh darah seharusnya. Darah yang seharusnya mengalir ke pembuluh darah bisa berbalik kembali ke dalam jantung. Akibatnya, jumlah darah yang dialirkan ke tubuh akan berkurang.

 

 

“Kondisi ini menyebabkan pasien mudah lemah dan lemas, sering merasa lelah, nyeri dada, dan juga mudah ngos-ngosan serta kehabisan napas,” tulis Mayo Clinic.

Pada bulan Maret tahun 2016, Habibie juga harus dirawat di RSPAD Gatot Soebroto karena infeksi bakteri yang menyebabkan demam. Namun tidak bisa dijelaskan terperinci tentang penyakit tersebut.

Direktur The Habibie Center Rahimah Abdul Rahim mengatakan tidak tahu dari mana Habibie mendapatkan infeksi bakteri tersebut. “Infeksi ini yang menyebabkan demamnya. Bapak kemarin bilang sama saya, Bapak lelah ya, capek,” katanya saat menjenguk, Minggu (7/3/2016).

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan