Selain untuk Berfoto, Anda Bisa Melakukan 10 Kegiatan Menarik Ini di Monas

Selain untuk Berfoto, Anda Bisa Melakukan 10 Kegiatan Menarik Ini di Monas

Combropedes.net – Tugu Momumen Nasional ( Monas) menjadi lambang Kota Jakarta. Banyak masyarakat dari dan luar Jakarta yang biasanya hadir ke Monas untuk berwisata.  Tidak hanya bisa foto dengan latar belakang Monas, sebenarnya banyak kegiatan yang dapat dilakukan di monumen yang dibangun pada 1961 ini.

 

 

Berikut 10 kegiatan untuk wisata di Monas:

 

1. Melihat Air Mancur Menari

Salah satu pertunjukan yang sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Monas. Air mancur menari diiringi lagu khas Indonesia hanya ada pada Sabtu dan Minggu malam. Dibagi menjadi dua sesi, yakni pukul 19.30 dan 20.30. Gratis alias tidak dipungut biaya untuk melihat pertunjukan air mancur menari.

Pada hari libur seperti libur Lebaran, pengelola Monas biasanya akan menghadirkan pertunjukkan air mancur menari setiap hari. Tidak hanya di akhir pekan.

 

2. Naik Kereta Wisata

Dengan luas 80 hektar, mengelilingi Monas dengan berjalan kaki memang cukup melelahkan. Untuk itu pihak pengelola Monas telah menyiapkan kereta wisata yang dapat membawa pengunjung berkeliling. Untuk naik kereta wisata, pengunjung perlu antre di halte kereta yang disediakan.

 

3. Melihat Rusa Monas

 

 

Memiliki taman rusa yang berisi puluhan rusa tutul. Letaknya berada di Taman Meda Merdeka, masih dalam kawasan Monas. Pengunjung dapat melihat rusa yang menggemaskan dan biasanya ada penjual makanan rusa agar pengunjung dapat memberi makan rusa.

 

4. Berkunjung ke Museum Monas

Di bagian bawah cawan Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Di sana pengunjung dapat melihat 48 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia dalam berbagai masa.

 

5. Berkunjung ke Ruang Kemerdekaan

Pada Cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan. Dahulu di sini pengunjung dapat melihat Sang Saka Merah Putih, bendera asli yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945.

Namun karena sudah terlalu tua, bendera tersebut kini tidak dipamerkan. Di ruangan ini, pengunjung dapat mendengarkan suara Presiden pertama RI, Sukarno membacakan teks proklamasi.

 

6. Naik ke Pelataran Puncak

Jangan lewatkan kesempatan untuk naik ke Pelataran Puncak Monumen Nasional. Dari ketinggian 115 meter, akan tampak panorama Kota Jakarta. Jika ingin suasana yang berbeda, naiklah ke puncak Monas pada malam hari. Untuk naik ke puncak Monas dikenakan biaya tambahan, sekitar Rp 10.000.

 

7. Menikmati Karya Seni Rupa

Di penjuru komplek Monas tersebar patung-patung yang sarat sejarah. Contohnya patung Pangeran Diponegoro, MH. Thamrin, Chairil Anwar, RA. Kartini, dan patung Ikada. Patung-patung ini kebanyakan memiliki penjelasan mengenai peran penting para tokoh untuk negara.

 

 

8. Berolahraga

Selain lari atau jogging, pengunjung Monas juga dapat berolahraga di enam lapangan yang tersedia. Lapangan olahraga tersebut terdiri dari empat lapangan futsal, satu lapangan voli, dan satu lapangan basket.

Untuk menggunakan lapangan tersebut, pengunjung dapat mengajukan permohonan dengan mengisi formulir ke Pengelola Kawasan Monas.

 

9. Bersantap di Lenggang Jakarta

Jika lapar ada banyak penjual makanan di Lenggang Jakarta yang letaknya tidak jauh dari parkiran IRTI. Harga makanan di sana dimulai Rp 20.000 -Rp 30.000. Ada makanan khas Jakarta seperti kerak telor yang dijual di sana.

 

10. Berkunjung ke Pasar Malam

Layaknya Pasar Malam, di sebelah Barat Lenggang Jakarta ada beberapa wahana bermain untuk anak-anak seperti komidi putar, bianglala, kereta wisata, dan odong-odong. Juga ada penjual suvenir khas Jakarta di sekitar sana.

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan