Sifat Yang Wajib Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Sifat Yang Wajib Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

 

Combropedes.net – Sekarang ini semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi entrepreneur dibanding menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

Akan tetapi, seperti yang diketahui, membangun bisnis atau usaha tidaklah mudah. Banyak tantangan berat yang harus dihadapi terutama di masa-masa awal.

Oleh karenanya, untuk membangun bisnis yang sukses, seseorang perlu memiliki beberapa sifat. Selama ini sidat-sifat seperti disiplin, semangat, dan dedikasi yang tinggi dipercaya dapat membantu seseorang menuju kesuksesan.

Namun hasil penelitian terbaru yang berkaitan dengan rahasia untuk sukses mengungkapkan fakta yang mencengangkan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal European Economic Review menyatakan pemikir optimis yang berwiraswasta lebih mungkin mengalami kegagalan keuangan karena memiliki prospek yang tidak realistis.

 

Para peneliti mengklaim hasil ini membantu menjelaskan alasan hanya segelintir pebisnis yang bertahan selama 5 tahun. Lantas, apa yang mendasari hasil tersebut?

Berdasarkan penjelasan dari peneliti, mereka memeriksa data dari British Household Panel Study yang melacak subjek selama 18 tahun terakhir.

Informasi yang diperiksa adalah pendapat dari 618 wiraswasta terkait prediksi bisnisnya di tahun mendatang. Prediksi tersebut dibuat saat mereka masih menjadi karyawan dan belum memasuki dunia kewirausahaan.

Dari pendapat tersebut peneliti kemudian mengukur kesenjangan rata-rata antara perkiraan dengan realisasi. Pengukuran ini membuat peneliti dapat melihat tingkat optimisme.

Hasil pengukuran menunjukkan orang-orang yang pesimis terhadap bisnisnya malah mendapatkan keuntungan 30% lebih banyak dibanding mereka yang optimis. Dengan hasil ini, maka dapat dikatakan prakiraan tidak sesuai dengan realisasi.

“Hasil penelitian kami menunjukkan terlalu banyak orang yang memulai usaha bisnis hanya memikirkan hal-hal yang menyangkut keuntungan pribadi. Mereka yang optimis rata-rata tidak melihat secara realistis dan hanya berupa angan-angan,” tutur rekan penulis penelitian, Dr Chris Dawson seperti yang dikutip Okezone dari Independent, Jumat (5/10/2018).

 

“Pesimisme secara umum mungkin tidak dilihat sebagai sifat yang diinginkan. Akan tetapi sifat itu melindungi seseorang untuk mengambil proyek kewirausahaan yang buruk,” lanjutnya.

Akan tetapi, Dr Chris yang juga merupakan profesor ekonomi bisnis di University of Bath mengingatkan bila hasil ini tidak semata-mata membuat seseorang harus menjadi pesimis.

Peneliti lain dari London School of Economic, David de Meza menjelaskan definisi pesimisme dan optimisme dalam penelitian berbeda dari yang digunakan dalam psikologi. Pada penelitian ini definisi optimisme dan pesimisme mungkin tidak selalu ada hubungannya dengan disposisi seseorang karena bergantung dari latar belakangnya.

Namun memiliki sikap positif secara umum dapat mengarahkan seorang pengusaha berani mengambil risiko profesional yang biasanya dihindari oleh pesimis.

 

 

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan