Thali, Kuliner India Yang Wajib Kamu Coba Jika Kamu Liburan Ke India

Thali, Kuliner India Yang Wajib Kamu Coba Jika Kamu Liburan Ke India

Combropedes.net – Masakan India sudah populer di seluruh dunia. Mengandung banyak rempah-rempah dengan citarasa pedasnya. Traveling ke India, saatnya mencoba berbagai makanan khasnya. Salah satu makanan yang wajib di coba adalah Thali.

Dalam bahasa India thali berarti piring bulat besar seperti nampan yang digunakan untuk menyajikan makanan. Thali sendiri merujuk pada makanan bergaya India yang terdiri dari berbagai macam hidangan yang disajikan dalam satu piring besar.

Dengan beraneka bentuk piring, bulat, persegi, kotak atau oval yang biasanya berbahan stainless steel. Hidangan dalam thali terdiri dari 6 rasa berbeda, manis, asin, pahit, asam, pedas dan segar. Menurut adat istiadat setempat, makanan yang layak seharusnya menjadi keseimbangan sempurna dari keenam rasa ini.

Hidangan tersebut adalah nasi, dal (kacang-kacangan India), sayur, roti tipis, papad yang seperti krupuk tapi lebih tebal,dahi (yoghurt homemade), chutney, saus masakan india yang mencakup tomat, kacang tanah, yogurt, timun dan mint atau acar serta hidangan manis untuk melengkapi.

 

Biasanya nasi atau roti sebagai hidangan utama menempati tengah-tengah bagian piring dan dikelilingi oleh sayuran, lauk pauk dan makanan lezat lainnya berbaris melingkar dalam wadah berupa mangkok-mangkok kecil yang disebut katori.

Pada umumnya masakan thali berjenis vegetarian terutama di India Selatan. Meski di beberapa restoran menawarkan 2 pilihan, vegetarian dan daging. Makanan bergaya thali ini tidak hanya terkenal di India saja, tapi juga di negara-negara tetangganya.

Seperti Nepal, Bangladesh, Pakistan, Fiji dan Sri Lanka. Di India sendiri, thali memiliki beberapa aspek kehidupan. Pertama adalah pentingnya makanan dengan gizi seimbang. Kedua adalah ketertarikan pada berbagai rasa dan tekstur.

Yang ketiga adalah perlunya mengontrol porsi makan untuk menghindari makan berlebih dan memastikan keseimbangan nutrisi. Dan yang terakhir, tak segan untuk berbagi makanan di piring saji komunal. Jadi kamu yang akan traveling ke India jangan lewatkan Thali. Dalam satu piring saji terdapat menu hidangan lengkap yang cukup memberi nutrisi seimbang supaya tubuh tetap fit saat traveling.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan