Tips Tetap Sehat di Bulan Puasa

Tips Tetap Sehat di Bulan Puasa

Bulan Puasa adalah bulan penuh rahmat dan keberkahan, karena di bulan ramadhan inilah setiap muslim di seluruh dunia menunaikan ibadah puasa selama 30 hari lamanya. Menahan haus dan lapar serta nafsu selama puasa adalah ujian dasar, karena kita juga diwajibkan beribadah secara khusyu selama bulan suci ramadhan.

Tips Tetap Sehat di Bulan Puasa

Tantangan lain adalah daya tahan tubuh, karena pola makan yang kurang baik mampu menyebabkan daya tahan tubuh berkurang lho! Kan sayang kalau dibulan puasa kita jatuh sakit, untuk itu harus cermat dalam menyikapinya.

Berikut ini tips tetap sehat di bulan puasa :

Perhatikan asupan makanan
Makanan menjadi unsur utama masuknya beragam penyakit, untuk itu kita harus pintar-pintar dalam memilih makanan/minuman apa saja yang baik untuk dikonsumsi.

Saat Sahur :

Pilihlah sayuran yang banyak mengandung serat seperti : sayur bayam, sayur oyong dan sayur bening dengan olahan non santan. Karena ini baik untuk pencernaan dan menghindari kambuhnya magg di saat berpuasa. Banyak- banyak minum air putih hangat, hindari terlalu sering meminum air dingin dan soda yang akan membuat mual perut anda.

Saat Berbuka :

Cukup mengkonsumsi makanan yang manis, seperti kurma, teh manis hangat dan olahan makanan manis lainnya. Hindarilah terlalu sering makananan dengan olahan minyak seperti gorengan dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi sambal. Sesekali boleh kita mengkonsumsi es, seperti es kelapa, es timun suri dan aneka olahan syrup.

Olahraga di bulan puasa
Kita tetap dapat berolahraga di malam hari selepas menunaikan ibadah tarawih dengan tempo 2x/seminggu.

Pola Tidur
Tidurlah dengan cukup, hindari terlalu sering bergadang yang dapat menyebabkan kurang bersemangatnya tubuh anda. Karena tubuh juga harus diistirahatkan agar setiap organ mampu berfungsi dengan baik

Jangan Merokok dan Minum Alkohol
Hindari rokok karena banyak unsur negatifnya. Bagi muslim alkohol sangat dilarang oleh agama maka dari itu janganlah anda konsumsi.

Demikian beberapa tips dari kami yang sekiranya bisa membantu anda tetap sehat selama berpuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *