Tokoh-Tokoh Yang Berjasa Beserta Penemuannya Di Dunia Kedokteran

Tokoh-Tokoh Yang Berjasa Beserta Penemuannya Di Dunia Kedokteran

.

 

 

Combropedes.net – Dalam sejarah dunia kedokteran, upaya menyelamatkan nyawa manusia telah menghabiskan banyak waktu oleh tenaga medis seperti dokter, perawat, maupun peneliti kesehatan.

Penemuan baru serta munculnya teknologi canggih di bidang medis banyak berperan dalam hal menyelamatkan jutaan nyawa manusia.

Dilansir oleh Combropedes.net, berikut adalah beberapa tokoh-tokoh yang berjasa beserta penemuannya di dunia kedokteran.

1. Paul Wincell dan Dr. Henry J. Heimlich

 

 

Paul Wincell mematenkan penemuannya yaitu jantung buatan pertama di dunia pada tahun 1963. Penemuan tersebut dilakukan bersama dengan rekannya yaitu Dr. Henry J. Heimlich. Berkat kerjasama dari kedua dokter itu akhirnya jantung buatan pertama tersebut berhasil disempurnakan.

Oleh karena itu, kedua dokter tersebut sangat berjasa karena membuka jalan bagi kemajuan medis di masa depan dalam bidang pengobatan penyakit jantung.

2. Joseph E. Murray

 

 

Dokter Joseph E. Murray merupakan dokter yang melakukan transplantasi ginjal pertama di dunia. Pada saat itu, Dokter Joseph E. Murray bekerja di Rumah Sakit Peter Bent Brigham di Boston, Massachusetts Amerika Serikat (AS).

Dokter Murray juga mendapatkan Hadiah Nobel dalam bidang Kedokteran atau Fisiologi berkat kesuksesannya melakukan transplantasi ginjal. Transplansi ginjal pertama itu dilakukan terhadap seorang pria berusia 24 tahun kepada saudara kembarnya.

Akhirnya pria penerima ginjal tersebut dapat bertahan hidup 11 tahun lebih lama.

3. Thomas E. Starzl

 

 

Dokter Thomas E. Starzl seorang ahli bedah asal AS berhasil melakukan transplantasi hati pertama pada tahun 1963. Saat itu, Dokter Thomas tengah menyelamatkan hidup seorang anak berusia tiga tahun.

Tetapi sangat disayangkan proses transplantasi hati pertama ini tidak berjalan dengan baik dan berakhir gagal. Akan tetapi, usaha Dokter Starzl ini menjadi batu loncatan pertama di bidang kedokteran untuk transplantasi hati berikutnya.

4. Edward Hon

 

 

Dokter Edward Hon dari Yale University adalah dokter pertama di dunia yang menggunakan monitor Doppler di perut wanita yang hamil untuk mendeteksi detak jantung janinnya. Dia menerapkan pengetahuan tersebut dari seorang fisikawan asal Swedia, Christian Andreas Doppler tentang prinsip-prinsip Ultrasuara.

Edward berpikir bahwa prinsip Ultrasuara ini bisa diterapkan kepada wanita yang hamil. Dan pada akhirnya, Edward menjadi dokter pertama yang menggunakan teknologi ini.

5. Seymour Furman

 

 

Dokter Seymour Furman, seorang ahli jantung yang bekerja di Rumah Sakit Montefiore di Bronx, New York, merupakan dokter yang pertama kali menciptakan alat pacu jantung.

Berkat terciptanya alat pacu jantung itu jutaan nyawa manusia di seluruh dunia dapat hidup lebih lama. Diketahui bahwa pasien pengguna pertama alat pacu jantung tersebut dapat hidup lebih lama dua bulan.

6. Christiaan Barnard

 

 

Christiaan Barnard, seorang dokter asal Afrika Selatan, berhasil untuk pertama kalinya melakukan transplantasi jantung manusia. Pasien transplantasi jantung manusia pertama adalah seorang pria yang berusia 53 tahun.

Walaupun akibat dari komplikasi 18 hari kemudian pria tersebut meninggal dunia, transplantasi tersebut tetap dianggap berhasil.

7. Godfrey Hounsfield

 

 

Alat CT Scanner pertama kali diciptakan untuk digunakan pada seorang pasien oleh Dokter Godfrey Hounsfield pada tahun 1971 di London. Alat CT Scanner ini memakai sinar-X untuk melihat bagian tubuh manusia secara detil.

Alat ini telah menyelamatkan jutaan nyawa manusia karena alat ini mampu memeriksa besarnya kerusakan di dalam kulit maupun di dalam tulang manusia secara rinci.

8. Dean L. Kamen

 

 

Dokter Dean L. Kamen pertama kali mengembangkan pompa insulin pada tahun 1973. Pompa insulin ini mampu membuat pasien yang mengalami penyakit diabetes supaya bisa mengatur kadar insulinnya secara real-time. Dari tahun ke tahun penemuan ini telah mengalami penyempurnaan terus-menerus.

9. Raymond V. Damadian

 

 

Di dalam dunia teknologi kedokteran modern, salah satu penemuan yang terpenting adalah Magnetic Resonance Imaging atau yang biasa disingkat dengan M.R.I. M.R.I pertama kali dikembangkan oleh seorang dokter bernama Raymond V.

Damadian pada tahun 1978. Alat ini mampu untuk membedakan antara jaringan normal atau kanker.

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan