Trump Siap Bertemu Presiden Iran Kapan Saja, Israel Kaget

Trump Siap Bertemu Presiden Iran Kapan Saja, Israel Kaget

Combropedes.net, Tawaran yang dilontarkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani membuat komunitas intelijen Israel sangat terkejut. Israel khawatir Trump berniat memperbaiki hubungan dengan Iran.

Seperti dilansir Al Jazeera, Kamis (2/8/2018), yang mengutip situs intelijen militer Israel, DEBKAfile, dinas intelijen dan diplomatik Israel ‘tidak bisa berkata-kata (karena terkejut) selama dua hari’ usai Trump mengumumkan pada Senin (30/7) lalu, soal kesiapannya bertemu Rouhani kapan saja dan tanpa syarat apapun.

Laporan DEBKAfile menekankan bahwa para pejabat Israel baru bereaksi sekitar dua hari kemudian, atau pada Selasa (31/7) waktu setempat. Saat itu, seorang sumber anonim memberikan komentar tiba-tiba soal perkembangan terbaru.

“Para pejabat senior AS menyampaikan kepada Israel bahwa tidak ada perubahan dalam kebijakan keras terhadap Iran,” sebut sumber anonim itu.

Utusan AS dan Iran telah menggelar pembicaraan penjajakan sejak awal Juni lalu, dengan pengaruh Oman, tanpa sepengetahuan Israel.

Disebutkan DEBKAfile dalam laporannya bahwa pembicaraan itu memicu sejumlah pertanyaan di benak Israel. Salah satunya soal apakah pemerintahan Trump sungguh-sungguh memberitahukan kepada Israel jika ada perubahan dalam kebijakannya.

Dampaknya, pengumuman soal kesiapan Trump untuk berunding dengan Rouhani mengungkapkan pendekatan Trump terhadap Iran.

“Mata dan telinga diplomatik dan intelijen Israel melewatkan apa yang sedang terjadi, karena mereka meremehkan bahwa pemerintahan Trump tidak akan mengambil inisiatif ini tanpa memberitahu Yerusalem (pemerintah Israel-red),” sebut DEBKAfile dalam laporannya.

“Perundingan yang ada mau tidak mau membuat pihak-pihak terkait, khawatir soal perubahan kebijakan demi mencapai pemahaman bersama. Jadi apa yang akan diberikan oleh pihak Amerika untuk mencapai kesepakatan?” imbuh laporan itu.

Di sisi lain, kesediaan Trump untuk bertemu musuh-musuh AS, seperti Korea Utara (Korut) dan Rusia, diketahui tidak berujung pada pencabutan sanksi-sanksi maupun pergeseran kebijakan AS.

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan