Yuk Simak 5 Tips Menjaga Konsistensi Berolahraga

Yuk Simak 5 Tips Menjaga Konsistensi Berolahraga

Combropedes.net — Seberapa rutin kamu berolahraga? Mungkin tak banyak yang bisa menjawab pertanyaan tersebut secara meyakinkan. Padatnya aktivitas harian kerap kali menjadi alasan. Padahal, konsistensi dalam berolahraga sangatlah penting.

 

 

” Olahraga itu yang penting rutin dan konsisten. Jangan minggu ini sekali, minggu depan tiga kali, minggu depannya lagi tidak sama sekali.” Begitu kata instruktur Hip Hop Cardio, Liliana Putri, Rabu (18/7/2018) kemarin. Hal itu diungkapkannya seusai memandu sesi kardio pada acara Active & Wellness Camp Keds x SHAGA di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Liliana menambahkan, ketika olahraga dilakukan secara konsisten dan kontinyu, kemampuan tubuh akan meningkat. Sehingga semakin hari, beban latihan yang dihadapi bisa semakin berat. Ia mengibaratkan ketika kita melakukan olahraga angkat beban. Semakin sering kita berlatih angkat beban, beban yang dingkat bisa semakin berat. “Kalau tidak konsisten, akan pengaruh ke kemampuan napas dan badan kita jadi terasa berat,” tuturnya.

Jenis olahraga yang dipilih tak menjadi masalah. Liliana mengatakan, kita bahkan bisa mencampurkan berbagai jenis olahraga dalam seminggu. “Misalnya hari ini kardio, besoknya renang, besoknya basket, itu enggak masalah karena masing-masing punya manfaat,” kata dia. Instruktur Hip Hop Cardio, Liliana Putri saat memandu sesi kardio pada acara Active & Wellness Camp Keds x SHAGA di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (18/7/2018) malam.

 

 

Bagaimana cara menjaga konsistensi berolahraga? Situs Mindbodygreen mengungkap dalam sebuah artikel, setidaknya ada lima trik yang bisa dilakukan :
1. Olahraga singkat

Salah satu hal yang membuat kita sulit konsisten menjaga jadwal olahraga adalah karena meyakini olahraga harus dilakukan selama 1 jam atau lebih. Padahal, olahraga tak perlu terlalu lama. Untuk latihan intensitas tinggi (HIIT), misalnya, sebetulnya cukup dilakukan 10-15 menit. Waktu tersebut cukup untuk membuat tubuh bugar. Hal terpenting adalah menjaga durasi olahraga yang singat berjalan efisien.

2. Mulai dari hal kecil

Ketika baru membuat komitmen, mulailah dari hal kecil. Misalnya, olahraga dua kali seminggu. Jika merasa nyaman dengan rutinitas tersebut, cobalah melengkapinya dengan menu makanan sehat dan mengurangi asupan makanan tidak sehat. Seperti berhenti konsumsi soda dan mengurangi asupan gula. Langkah kecil akan membawamu ke kesuksesan jangka panjang.

3. Berkomitmen untuk 30 hari

Cara lain untuk menjaga konsistensi olahraga adalah mulai dengan komitmen 30 hari. Pilihlah hari-hari yang kamu inginkan untuk berolahraga. Tanamkan dalam diri untuk patuh pada jadwal tersebut selama 30 hari. Ingat, jangan menoleransi dirimu dengan alasan-alasan tertentu yang membuat konsistensi olahragamu terganggu.

Meski Sudah Berumur pada hari-hari terakhir komitmen tersebut, kamu akan merasa tubuhmu lebih kuat dan lebih semangat. Selain itu, pakaianmu yang sempit juga mungkin bisa digunakan kembali. Di titik tersebut, kemungkinan kamu juga tidak ingin berhenti berolahraga. Jika sudah sampai pada titik tersebut, tandanya kamu sukses membangun rutinitas olahraga.

 

 

4. Buat sebagai ritual

Ketika olahraga menjadi ritual harianmu, maka kamu akan melakukannya secara otomatis dan kebisaan itu akan tertanam di pikiran. Pikiran dan tubuh pun akan menganggapnya sebagai kebutuhan. Sama seperti kebiasaan menggosok gigi dan cuci muka sebelum tidur. Sebab, ketika belum terbiasa dengan rutinitas olahraga tersebut, kamu cenderung masih mentoleransi alasan untuk rutin berolahraga.

Seperti lelah, sakit badan, sibuk, dan lainnya. Kamu bisa memulainya dengan menyertakan olahraga ke dalam rutinitas sehari-hari. Misalnya, olahraga singkat di sela waktu sarapan.

5. Jadwalkan

Jika masih kesulitan membangun konsistensi berolahraga, trik lainnya adalah membuat jadwal berolahraga. Ini harus muncul secara alami ketika kamu sudah menjadwalkan diri untuk kegiatan lainnya. Jadi, jika kamu ingin berolahraga tiga kali seminggu namun sulit memenuhinya karena terkendala kesibukan harian, cobalah melihat kalender atau media lainnya yang kamu gunakan untuk mencatat jadwal.

Alokasikanlah waktu untuk berolahraga yang mutlak dan tak bisa dinegosiasikan. Kebiasaan ini akan cenderung membuatmu patuh dan menjadikan olahraga sebagai salah satu kebiasaan hidup.

Selamat mencoba guys…

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan